rhadeed

Bagaimana cara membuat sebuah blog dengan tema yang tepat

In teknologi on March 30, 2010 at 3:49 pm

Sebenarnya bagaimana cara memilih tema untuk sebuah blog? Tema seperti apa yang sangat disukai pengunjung, sehingga mereka rela berlama-lama di blog kita? Apakah dengan melakukan penelitian dulu atau hanya sekedar menulis apa yang kita suka? Hmm.. sepertinya tidak semua orang mampu untuk menjawab pertanyaan yang ini.

Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, kita harus melihat dulu latar belakang pembuatan blog. Apakah untuk bisnis online, sebagai onine presense kita di internet (meminjam istilah dari mas Herman Saksono). Atau mungkin hanya untuk sekedar ‘yang penting punya blog’ saja

Kalo blog yang kita punya sebagai salah satu keran untuk menambah pemasukan kita, maka akan lebih baik jika kita melakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui kemampuan kita, kompetitor kita dan peluang keberhasilannya.

Tapi kalo membuat blog cuma untuk gaya-gaya-an, maka silakan Anda menulis tentang apa saja yang anda suka, kehidupan atau perasaan anda. Yah.. intinya adalah menulislah tentang apa saja yang melintas di otak anda.

Menurut beberapa sumber yang saya baca di internet, blog yang disukai oleh pengunjung adalah blog yang fokus pada 1 tema saja. Seperti sebuah buku yang hanya membahas 1 topik saja. Meskipun nanti di dalamnya ada sub topik yang tetap berkaitan dengan tema besar blog tersebut. Blog seperti ini pula yang sering digunakan oleh blogger matre untuk meraup keuntungan online.

Blog seperti ini akan lebih dahsyat lagi ketika Anda benar-benar menguasai atau setidaknya faham dengan istilah-istilah yang melingkupi tema yang Anda tulis. Pembaca akan tersihir dengan kata-kata Anda, karena apa yang Anda tulis merupakan diri Anda sendiri. Mirip dengan berbicara empat mata dengan seorang ahli. Kelemahannya adalah, blog akan terlihat kaku bahkan aneh, ketika tema yang Anda angkat tidak Anda kuasai dengan baik.

Bagaimana dengan blog yang memiliki banyak tema? Apakah tidak menarik? Hmm.. tidak juga. Blog seperti ini memungkinkan penulisnya untuk bereksplorasi dengan sebebas-bebasnya, karena tidak terikat dengan 1 tema yang terkadang membuat pusing pemiliknya. Blog dengan banyak tema biasanya yang mirip dengan website berita seperti detik.com atau kalau di dunia offline kita kenal dengan koran. Sehingga kita bisa mendapatkan update banyak berita/artikel hanya dengan membuka 1 blog saja.

Namun terkadang, blog dengan beragam tulisan akan membingungkan pengunjung yang baru datang sekali mengunjungi blog tersebut. Pengunjung akan kesulitan untuk mencari tulisan yang dibutuhkannya, bahkan mungkin mereka akan bertanya-tanya “ini blog tentang apa sih?”. Sehingga pengunjung tidak akan betah berlama-lama di blog Anda.

Apapun tema yang anda pilih, entah itu yang 1 tema atau banyak tema, pekerjaan selanjutnya adalah bagaimana agar blog kita mempunyai banyak pengunjung, sehingga apa yang kita tulis dibaca oleh banyak orang.

Oke, itu menurut saya, bagaimana dengan Anda? Bagaimana Anda memilih tema untuk blog Anda? Jika punya cara yang unik silakan dibagi disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: