rhadeed

Warga Baku Protes Penutupan Masjid Fatima Zahra

In masjid on April 23, 2010 at 11:59 am

Mahkamah Agung Azerbaijan menunda putusan apakah penutupan Masjid Fatima Zahra di Baku layak dilanjutkan. Penundaan dilakukan ratusan massa berkumpul di depan gedung pengadilan untuk memprotes penutupan masjid tersebut.

Pengadilan yang berlangsung hari Rabu (22/4) dijaga ketat oleh aparat keamanan. Ratusan pengunjuk rasa mengecam kebijakan penutupan dan pembongkaran masjid yang dilakukan oleh pemerintah Baku. Untuk menghindari kemarahan massa yang sudah berkumpul di luar pengadilan, Mahkamah Agung Azerbaijan menunda putusannya atas Masjid Fatima Zahra sampai tanggal 28 April mendatang.

Kasus Masjid Fatima Zahra bergulir sejak bulan Agustus 2009, ketika pengadilan menyatakan bahwa masjid yang berlokasi di distrik Yeni Guneshli, Baku itu tidak memiliki dokumen resmi dan tidak terdaftar. Pengadilan tinggi mendukung putusan itu pada bulan November 2009 sehingga pengurus masjid mengajukan banding ke mahkamah agung yang mulai menyidangkan kasus ini tanggal 14 April kemarin.

“Kami membeli tanah masjid ini secara legal pada tahu 1996 dan mulai membangun masjidnya pada tahun 1998. Kami mendaftarkan masjid ini pada tahun 1995, dan mendaftarkan ulang pada tahun 1997,” kata pimpinan komunitas Masjid Fatima Zahra, Tofig Razizade.

Sejak kasus Masjid Fatima Zahra bergulir, terjadi dua kali aksi massa besar-besaran yang dilakukan warga Azerbaijan di depan kantor walikota Baku dan di depan Masjid Fatima Zahra. Mereka menuntut agar putusan pengadilan dibatalkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: