rhadeed

Keyboard Chorded, Mengetik dengan satu tangan

In High Tech on May 29, 2010 at 1:32 pm

Rancangan keyboard non-Qwerty sebenarnya cukup banyak. Salah satunya adalah keyboard chorded yang memungkinkan mengetik dengan satu tangan saja.

Konsep keyboard chorded meniru piano. Setiap huruf atau karakter tidak diwakili oleh satu tombol saja, melainkan kombinasi dari lima tombol.

Walhasil, penggunaan keyboard chorded pun layaknya menekan kunci nada (chord) pada piano. Dan memang, desain awal keyboard chorded sangat mirip dengan piano.

Desain awal keyboard chorded dibuat oleh Douglas Engelbart, penemu yang kerap disebut sebagai ‘bapak mouse’. Seperti dikutip dari Gizmodo, keyboard chorded pun telah dirancang ulang oleh Erik Campbell.

Hasil rancangannya cukup jauh berbeda dari rancangan orisinal Engelbart. Jika Engelbart membayangkan bentuk mirip piano, Campbell merancang perangkat bentuk bulat yang bisa dicengkeram di satu tangan.

Pada benda mirip ubur-ubur itu, Campbell meletakkan lima tombol yang bisa digunakan sebagai kombinasi chord untuk mengetik. Perangkat itu pun bisa digunakan sebagai mouse.

Seperti kebanyakan konsep perangkat yang ada, Keyboard Chorded mungkin tak akan mudah menembus pengguna komputer. Kebiasaan menggunakan mesin ketik Qwerty sudah sedemikian mengakarnya, bahkan layout alternatif seperti Dvorak saja sulit menemukan tempat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: